xxx

Tips Mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Tips Mengatasi hidung tersumbat pada bayi - Saat bayi anda mengalami sakit pilek, si kecil bakalan rewel, susah bernafas dan susah tidur karena hidungnya tersumbat. Anda pasti bingung mencari cara yang tepat untuk mengatasi tersumbatnya hidung bayi, apa lagi bayi anda ini adalah anak pertama. Dalam artikel ini saya ingin berbagi beberapa tips alami untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Diantaranya:

1. Larutan Garam
2. Hangatkan Tubuh Bayi
3. Penguapan Alami
4. Atur Posisi Tidur Bayi
5. Jalan-jalan Pagi

Larutan Garam
Air garam sejak dulu dapat dimanfaatkan dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan diantaranya mencairkan ingus, memperlancar penyumbatan  pada hidung dan mengembalikan kelembapan alami selaput bagian dalam hidung. Caranya larutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Anda celupkan pipet bayi kedalam larutan garam tersebut dan teteskan sebanyak dua kali pada kedua hidung bayi. Lakukan minimal 3 kali sehari. Dengan cara ini lendir ingus yang encer akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Hangatkan Tubuh Bayi
Memberikan rasa hangat saat hidung bayi tersumbat akan melegakan pernapasan, memberikan rasa nyaman dan membuat tidur bayi anda lebih nyenyak. Ketika memandikan bayi, gunakanlah air hangat, kemudian setalah selesai mandi jemur bayi anda dibawah matahari pagi. Dengan begitu bayi akan merasa hangat  dan membantu melegakan sumbatan pada hidungnya. sambil berjemur anda juga bisa mengusapkan minyak kayu putih/telon pada bagian leher, dada, dan punggung bayi sambil dipijat lembut. Jangan lupa usapkan minyak kayu putih/telon pada bagian kaki kemudian pakaikan kaos kaki agar bayi lebih merasa hangat.

Penguapan Alami
Cara yang selanjutnya bisa anda lakukan ketika si kecil sedang tidur. Caranya yaitu anda bisa teteskan minyak kayu putih/telon kedalam mangkuk kecil berisi air panas kemudian anda letakan di pojok kamar tidur bayi anda. Dengan menghirup uap air tersebut lebih cepat menghilangkan hidung tersumbat pada bayi.

Atur Posisi Tidur Bayi
Pada saat hidung bayi anda tersumbat, mengatur posisi tidur yang baik akan sedikit melegakan sistem pernafasan bayi. Usahakan memiringkan badan bayi ketika tidur,  jadi ketika anda merasa bahwa hidung kanan bayi anda tersumbat anda dapat memiringkan tidurnya ke samping kiri, dan begitu pula sebaliknya. Namun usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari posisi badan bayi anda.

Jalan-jalan Pagi
Cara yang terakhir yaitu dengan mengajak bayi anda jalan-jalan pagi. Agar si kecil mendapatkan udara yang bersih. Dengan sering di ajak berjalan-jalan pagi, si kecil akan lebih bersih karena udara di pagi hari membuat tubuh khususnya hidung akan mengeluarkan kuman.

Demikian info yang bisa saya bagi denga anda tentang Tips Mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Semoga dapat membantu anda dalam mengobati hidung tersumbat pada bayi.

1 Response to "Tips Mengatasi hidung tersumbat pada bayi"

  1. Tipsnya bagus kang, home treatment sangat disarankan sebelum diperiksakan ke dokter jika bayi masih rewel dalam 2-3 hari... salam kenal

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel